Tanaman Obat : BUNGA PUKUL DELAPAN

Tanaman Obat

BUNGA PUKUL DELAPAN
(Turnera ulmifolia L.)
 


Nama Lokal :
Bunga pukul delapan, lidah kucing (Jawa). Nama simplisia Tumerae ulmifoliae Folium (daun bunga pukul delapan), Turnerae ulmifoliae Radix (akar bunga pukul delapan).
Uraian :
Bunga pukul delapan ditemukan tumbuh liar di tanah terlantar, tepi saluran air, dan umumnya tumbuh berkelompok. Tumbuhan yang berasal dari Hindia Barat ini bisa ditemukan pada ketinggian 10 - 250 meter dpl, pada tempat-tempat yang terkena sinar matahari langsung atau sedikit terlindung. Herba ini tumbuh tegak dengan akar pena yang panjangnya 0,3-0,8 meter ini berdaun tunggal, berbentuk bulat telur elips, pangkal berbentuk baj, ujung runcing, tepi bergerigi kasar, tulang daun menyirip, mempunyai kelenjar, panjang 2-7 cm dan lebar 1-4 cm. Bunga mekar sekitar pukul 8 pagi dan layu sekitar pukul 12 siang. Mahkota bunga bentuknya bulat telur sungsang, pada pangkalnya cokelat, kuning muda di atasnya, dan terpuntir waktu kuncup. Buah berbentuk telur lebar, dengan biji lebih dari 30. Perbanyakan dilakukan dengan biji.
Khasiat untuk kesehatan untuk mengobati:
Daun dan akar digunakanuntuk mengatasi: gangguan pencernaan, seperti perut kembung, tidak ada nafsu makan, rematik sendi yang disertai bengkak, bengkak karena memar, dan lemah setelah sembuh dari sakit berat.
Komposisi :
Daun dan batang mengandung saponin dan polifenol. Daun mengandung flavonoid.